Wacana FULL DAY SCHOOL ..Akankah Menjadi Solusi..?




Definisi Full day school menurut sang mentri :
Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini menjelaskan, konsep full day school bukan berarti siswa belajar sepenuhnya di sekolah. Namun, siswa dapat mengikuti kegiatan menarik lain, seperti ekstrakurikuler.


Seperti yang kita ketahui saat ini indonesia mengalami kemunduran dalam semua bidang kehidupan, baik segi  politik bernegara, menurunnya kemampuan ekonomi, kekacauan keamanan, merajalelanya korupsi, mewabahnya penggunaan Narkoba dan  Kekerasan, bahkan semakin parahnya kenakalan remaja yang terjadi hampir di seluruh daerah.



Keadaan ini sangatlah mengkhawatirkan, bagaimana masa depan negara nanti apabila keadaan ini terus terjadi,

Para elit politik dan orang tua yang seharusnya menjadi tauladan para generasi muda ternyata hanya menampilkan prilaku yang negatif.

Pemuda yang diharapkan sebagai calon penerus bangsa juga terjerumus dalam lembah hitam narkoba, perkelahian dan prilaku asusila.

Sebenarnya masih banyak yang baik di negri ini, walau masih kalah banyak daripada yang kurang baik.

Maka sisi baik itu harus di tanam kembali, ditumbuhkan di pelihara dan di sebarluaskan.
Hanya melalui pendidikanlah semua itu bisa dimulai.

Pendidikan adalah merupakan upaya manusia dewasa membimbing manusia yang belum dewasa kepada kedewasaan. Pendidikan ialah usaha menolong anak untuk melaksanakan tugas tugas hidupnya, agar bisa mandiri, akil-baliq, dan bertanggung jawab secara susila. Pendidikan adalah usaha mencapai penentuan-diri-susila dan tanggung jawab. (M.J. Langeveld)

Pendidikan adalah salah satu kunci keberhasilan sebuah negara
Pendidikan akan membentuk generasi yang akan menjalankan, memelihara dan mengembangkan setiap sendi kehidupan bernegara baik dalam pemerintahan maupun dalam masyarakat.

Sudah banyak sekali kebijakan dari pemerintah dan saran para ahli dijalankan, seringkali bentuk kurikulum dan sistem pendidikan dirombak, diperbaharui dan diperbaiki, bahkan setiap pergantian pemerintahan atau mentri yang menjabat hampir bisa dipastikan wajah pendidikan akan berganti pula.

Pada waktu ini setelah bapak Muhadjir Effendy dilantik sebagai mentri pendidikan yang baru maka wacana wajah baru pendidikanpun digulirkan.

Sistem full day SCHOOL  di wacanakan akan menjadi  solusi terbaru skema pembelajaran yang akan dilaksanakan disemua sekolah di indonesia.

"Dengan sistem full day school ini secara perlahan anak didik akan terbangun karakternya dan tidak menjadi liar di luar sekolah ketika orangtua mereka masih belum pulang dari kerja," kata Mendikbud di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Minggu (7/8/2016).Muhadjir Effendy.

Pro kontra mulai berkembang setelah wacana ini disuarakan, tentu banyak pertimbangan untung rugi dari sistem pembelajaran baru ini.

Apakah akan menjadi sebuah solusi perbaikan, ataukah hanya seperti kebijakan-kebijakan terdahulu yang akan menimbulkan permasalahan baru yang akan merugikan semua yang terkait dalam pendidikan itu sendiri.

Sebenarnya sistem ini bukanlah sistem yang baru kali ini akan dijalankan, akan tetapi sudah banyak dijalanan disebagian sekolah swasta yang memiliki fasilitas sarana dan prasaran yang memadai untuk menjalankan sistem ini.

Bahkan baru-baru ini ada sebuah daerah yang lebih dulu mencoba menjalankan  sistem ini di semua sekolahnya yaitu Dinas Pendidikan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantasn Selatan.


Apabila Kebijakan ini akhirnya akan dijalankan, maka pemerintah harus mempertimbangkan semua aspek yang akan ditimbulkan baik permasalahan ataupun syarat pendukung yang harus dipenuhi, agar sisi positif dari sistem ini akan dapat dirasakan dengan optimal untuk kemajuan pendidikan secara umum dan kemajuan negara sebagai tujuan akhirnya.
x

0 Response to "Wacana FULL DAY SCHOOL ..Akankah Menjadi Solusi..?"

Post a Comment