Inilah 7 Kelebihan dan Kekurangan Sistem Full day School..!!!





Sebagai Kebijakan yang mungkin tak lama lagi akan di jalankan
Kita perlu menakar dan mengukur untung rugi dari sistem full day school  ini.

Untuk itu saya mencoba memaparkan beberapa pertimbangan sesuai dengan pengalaman saya 5 Tahun mengajar dengan sistem full day school di sekolah swasta dan 2 Tahun dengan sistem biasa di sekolah Negri.

A. Kelebihan

1. Kegiatan Anak Terkontrol
Dengan pemberlakuan sistem ini maka anak akan lebih lama berada dalam lingkungan sekolahnya atau selalu berada dalam pengawasan gurunya ketika melakukan kegiatan, sehingga kegiatannya lebih dapat di kontrol daripada dia berada di luar sekolah.


2. Pembiasaan Anak dalam Beribadah
Sebagai negara yang beragama tentunya banyak kegiatan yang dilakukan setiap harinya sebagai sarana memperkuat kemempuan spritualnya, khususnya bagi anak yang beragama islam dapat melaksanakan sholat zuhur secara berjamaah, bahkan ditambah tadarus dan kegiatan keagamaan lainnya.



3. Penerapan Berbahasa
Waktu di sekolah yang lebih lama memungkinkan untuk anak dalam menerapkan berbahasa asing (Bahasa inggris, Arab, Mandarin.dll) lebih baik, karena dapat belajar bersama dengan temannya menggunakan bahasa asing dalam pergaulan di sekolah. Ini akan sangat membantu masa depannya untuk bergaul dan belajar lebih luas dengan bahasa internasional.

4. Pengembangan Bakat
Setiap anak memiliki bakat dan minatnya masing-masing, sehingga diperlukan waktu dan tempat yang tepat untuk mengembangkannya, kegiatan disekolah yang lebih lama dan variatif bisa menyalurkan bakat dan minat anak-anak tersebut apabila bisa di fasilitasi oleh sekolah.


5. Belajar Kelompok
Sering terjadi anak merasa kesulitan apabila harus mengerjakan suatu tugas secara berkelompok, karena permasalahan jarak masing-masing rumah ataupun alat transportasi yang tidak ada, dengan sistem ini maka anak akan mudah berkumpul apabila harus ditugaskan dengan kerja kelompok.

6. Penanaman Akhlak
Kemerosotan moral atau akhlak yang terjadi sekarang ini akan bisa dikurangi dengan pembelajaran dan pembiasaan akhlak yang baik di sekolah. Tetapi biasanya terhalang  oleh permsalahan waktu yang singkat di sekolah, sehingga sistem ini dirasa tepat untuk mengatasinya.

7. Cinta Lingkungan
Penerapan cinta lingkungan akan lebih maksimal dengan mengajak anak untuk sama sama merawat dan memelihara lingkungan sekolahnya dengan beberapa kegiatan yang berguna untuk kelestarian lingkungan.

Setiap sistem pasti ada celah kekurangannya apalagi bila terlambat disadari dan tidak bisa diatasi dengan cara yang tepat.
Maka berikut Kerugian dari sistem ini yang mungkin akan dirasakan.

B. Kekurangan
1. Tingkat Stres Yang Tinggi
Anak akan merasa tertekan dan stres karena terlalu lama di sekolah, ini akan terjadi apabila sekolah kurang bisa memberikan porsi waktu yang tepat, kapan isterahat dan kapan berkegiatan.


2. Konsumsi Saat Di sekolah
Waktu yang lebih lama tentu memerlukan konsumsi yang lebih, masalah ini pasti akan muncul, aplagi terjadi pada anak dengan ekonomi yang minim untuk membeli makanan disekolah. di karenakan Sekolahpun tidak mempunyai alokasi dana untuk masalah ini.

3. Waktu Untuk Pulang Sekolah
Pada sebagian daerah jarak tempuh anak daari rumah ke sekolah menempuh waktu dan jarak yang jauh bahkan memerlukan waktu beberapa jam, sehingga sistem ini akan sangat menyulitkan bagi mereka.

4. Biaya Yang Harus Dikeluarkan
Sistem ini pastinya memerlukan fasilitas dan tenaga pengajar yang lebih, maka tentunya diperlukan biaya untuk memenuhinya.

5. Kurangnya Tenaga Pengajar / Guru
Seperti diketahui pembagian jatah guru yang timpang menjadi permasalahan berikutnya, banyak sekali sekolah yang tenaga pengajarnya sangat kurang, maka sistem ini juga akan tidak bisa dijalankan.

6. Kurangnya Fasilitas Sekolah
Jangankan untuk menjalankan kegiatan tambahan seperti olahraga dan seni, untuk bangunan kelas saja sekolah masing sering menghadapi permasalahan. Maka sistem ini dipastikan tidak akan berjalan baik

7. Timbulnya Rasa Bosan Di Sekolah
Kegiatan yang monoton karena permasalahan di atas pada waktunya akan menimbulkan rasa bosan bagi anak bahkan tenaga pendidik yang akan menjalankan sistem ini dengan banyak sekali permasalahan yang ada.

Dengan beberapa pertimbangan yang coba saya paparkan diatas maka perlu persiapan dan perhitungan yang matang apabila sistem ini akan dilaksanakan oleh pemerintah atau lembaga pendidikan yang terkait.
x

0 Response to "Inilah 7 Kelebihan dan Kekurangan Sistem Full day School..!!!"

Post a Comment