Ingin Memiliki Mata Yang sehat Hingga 80 Tahun..? Berikut Rahasianya.

Ingin Memiliki Mata Yang sehat Hingga 80 Tahun..? Berikut Rahasianya.

Mata adalah organ yang sangat penting pada kehidupan manusia, apabila tidak dijaga dengan baik bukan tidak mungkin mata akan kehilangan fungsinya secara total, atau mengalami penurunan kemampuan secara cepat.


Bukankah Kita ingin menjalani kehidupan yang lama dengan kualitas mata yang tetap baik? Alangkah Bahagianya kalau kita memiliki umur 80 Tahun dengan tetap memiliki kualitas penglihatan yang baik..

Ada banyak sekali penyakit mata yang bisa menyebabkan kebutaan secara permanen jika tidak ditangani sesegera mungkin.

Banyak sekali orang yang menyepelekan berbagai gejala seperti sakit pada bagian matanya sehingga sering menganggap hanya sakit mata biasa.


Penduduk di Indonesia memiliki cenderung rentan sekali mengalami katarak 15 tahun lebih cepat bila di bandingkan  dengan orang-orang yang tinggal di daerah tropis lainnya. Sekitar 16 hingga 22% pengidap katarak yang sudah dioperasi ternyata masih berusia dibawah 56 tahun. Bahkan ada juga yang menyebutkan bahwa sekitar 20 sampai 24% orang yang mengalami katarak dalam usia produktif.




Penyakit
mata yang sudah tak asing lagi kita dengar seperti miopi atau rabun jauh, hipermetropi atau rabun dekat, presbiopi atau tidak dapat melihat benda yang jauh maupun dekat, katarak, buta warna yang tidak dapat melihat berbagai macam warna.

 Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata Hingga 80 Tahun.

Berikut tips menjaga kesehatan mata.


1.Jaga Jarak Pandang



Peliharalah kesehatan mata dengan memperhatikan jarak pandang ketika sedang berada dilayar komputer maupun TV. Jarak pandang yang ideal sekitar 50-100cm. Seperti juga halnya ketika sedang membaca buku. Jarak yang ideal ketika membaca buku sekitar 30cm. Hal ini dimaksudkan agar dapat terhindar dari miopi atau rabun dekat.

2.Istirahatkan Mata


Gunakan mata anda sesuai kemampuan dan batasanya. Sebagaimana sebuah mesin atau alat, gunakan sebijaksana mungkin, jangan memporsirnya terlalu berat, karena pasti akan merusak. Sisihkan beberapa waktu untuk isterahat.

Begitu juga pada penggunaan mata Jangan paksakan mata untuk berlama-lama membaca buku atau berada di depan layar komputer. Jika Anda terlalu lama, mata akan sakit. Isitirahatkan mata selama beberapa menit.

3.Hindari Kebiasaan Mengucek Mata

Jangan sering mengucek mata ketika mata terasa gatal, apalagi menguceknya dengan keras. Ketika tangan Anda kotor sehabis memegang suatu benda dapat menginfeksi organ mata yang dapat berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata. atau akan mnimbulkan cedera pada selapu luar mata.

4.Makan Makanan Yang Mengandung Vitamin A

Cukupi asupan yang di perlukan mata anda dengan Makan makanan seperti wortel yang mengandung vitamin A. Hal, ini dikarenakan wortel mengandung vitamin A dan beta karoten yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata Anda.usahakan selalu lengkapi makanan kita sehari-hari dengan bahan tersebut karena akan memelihara kesehatan mata.

5.Pakai Pelindung Mata

Cobalah menggunakan  kaca mata atau  pelindung mata dalam berbagai kegiatan aktivitas seperti saat berkendara, olahraga, dan sebagainya. Banyak kacamata yang dirancang khusus untuk olahraga untuk menghindari terjadinya cedera mata dan terhindar dari debu.

6.Cek Riwayat Kesehatan Mata Keluarga

Bicaralah pada anggota keluarga terutama orang tua Anda. Apakah orang tua Anda di diagnosis mengalami penyakit mata keturunan. Hal ini karena dapat menentukan Anda, apakah Anda beresiko tinggi terkena penyakit mata atau tidak.

7.Periksa Mata

Periksakan mata Anda secara rutin ke dokter mata agar dapat terhindar dari penyakit yang menyerang mata sewaktu-waktu, serta mengetahui lebih awal apabila ada gejala atau gangguan dari suatu kerusakan fungsi mata

Dengan Melakukan Tips diatas anda akan memiliki kualitas penglihatan yang tetap terjaga hingga diusia lanjut.
x

0 Response to "Ingin Memiliki Mata Yang sehat Hingga 80 Tahun..? Berikut Rahasianya."

Post a Comment