Inilah Rahasia dan Keajaiban Sel Yang Belum di Ketahui..!!!

Inilah Rahasia dan Keajaiban Sel Yang Belum di Ketahui..!!!



Sebagai Manusia kita seringkali menghadapi masalah yang tidak kita kehendaki atau seringkali keinginan kita tidak kunjung terkabul..

Kita seringkali mengeluh atas segala permasalahan hidup, bahkan mungkin kita menyalahkan keputusan tuhan karena tidak adil terhadap kita..



Tetapi Pernahkah kita sedikit berfikir dan melihat kedalam diri kita, betapa besar nikmat yang sudah kita terima dari tuhan tanpa kita minta sebelumnya dan belum kita sukuri kehadirannya..

Coba Kita Renungkan Anggota Tubuh Kita Bagaimana Mata yg berfungsi dengan Normal setiap saatnya,,Telinga,,Mulut,,Tangan dan Kaki yang bisa kita gunakan tanpa perlu kita minta terlebih dahulu..sungguh itu adalah Anugerah Yang sangat besar dan bayangkan bagaimana menderitanya apabila semua itu ditarik oleh tuhan..!!!

Berapa banyak uang yang harus dikeluarkan jika nikmat itu semua harus dibeli dengan pengobatan dirumah sakit..? Tentunya Sangat Mahal.

“Apakah Berjalan dengan Kedua Kaki itu Hal yang Sepele..? Padahal Bisa saja Kaki Itu Lemah dan Tak Berfungsi” Laa Tahzan


Semua Nikmat yang kita renungkan tadi tidak lepas dari satu makhluk dalam tubuh kita yang sangat kecil bernama SEL.



Apa itu Sel..Apa Fungsinya.. Sebanyak apa Jumlahnya..dan Sebesar apa Manfaatnya untuk tubuh Kita…?

Semua itu Akan Kita Fahami setelah membaca urain Berikut Ini :

Apa Itu SEL..?

Sel adalah merupakan unit penyusun dari semua mahluk hidup yang ada di bumi ini. Sebagian dari mahluk hidup terdiri atas sel tunggal dan sebagaian lainnya terdiri dari banyak tipe sel.

Atau jika dalam bahasa ilmiah nya, mahluk hidup dengan sel tunggal disebut sebagai organisme uniselulerdan mahluk hidup dengan banyak sel disebut sebagai organisme multiseluler.

Sel dapat dianalogikan seperti pabrik kimia dimana sel membawa bahan baku molekul organik, seperti gula atau garam anorganik, yakni nitrat dan fosfat. Sel menggunakan bahan baku ini untuk membentuk molekul baru, seperti protein, di mana sel dapat menggunakannya untuk kepentingannya atau mengirimkannya ke bagian tubuh lainnya.
 
Apa Fungsi SEL..?

Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan dalam arti biologis. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. Karena itulah, sel dapat berfungsi secara autonom asalkan seluruh kebutuhan hidupnya terpenuhi. Makhluk hidup (organisme) tersusun dari satu sel tunggal (uniselular), misalnya bakteri, Archaea, serta sejumlah fungi dan protozoa) atau dari banyak sel (multiselular). Pada organisme multiselular terjadi pembagian tugas terhadap sel-sel penyusunnya, yang menjadi dasar bagi hirarki hidup. 

Pada Manusia sel adalah satu unit dasar dimana setiap organ merupakan gregasi/penyatuan dari berbagai macam sel yang dipersatukan satu sama lain oleh sokongan struktur-struktur interselluler. Meskipun jumlah sel pada manusia begitu banyak, tetapi tiap sel memiliki sifar-sifat dasar yang mirip satu sama lain, misalnya : 

1. SEL Untuk Bernafas : Oksigen akan terikat pada karbohidrat, lemak atau protein pada setiap sel untuk melepaskan energi.

2. SEL Untuk Mencerna Makanan : Mekanisme umum merubah makanan menjadi energi 
3. SEL Untuk Menyedikan Zat Kimia Tubuh :Setiap sel melepaskan hasil akhir reaksinya ke cairan disekitarnya .
4. SEL Untuk Memperbaiki Organ yang Rusak : Hampir semua sel mempunyai kemampuan mengadakan reproduksi dan jika sel tertentu mengalami kerusakan maka sel sejenis yang lain akan beregenerasi .

Sel mempunyai fungsi masing-masing demi menjaga kelangsungan mahluk hidup atau organisme tersebut. Sel mempunyai fungsi yang baik secara umum maupun secara khusus. Dan berikut ini adalah fungsi – fungsi dari sel :
Fungsi Sel Secara Umum :
  1. Mencari dan mendapatkan O2 serta zat gizi dari lingkungan internalnya.
  2. Membuang zat sisa dan CO2 yang dihasilkan dari adanya reaksi kimia.
  3. Melakukan berbagai reaksi kimia sedemikian rupa yang kemudian merubah O2 dan dan zat-zat gizi menjadi energi bagi sel.
  4. Sensitif dan resfonsip akan perubahan di lingkungan sekitar sel.
  5. Sebagian besar sel dapat bereproduksi hingga apabila terjadi kerusakan pada sel, maka bisa diganti dengan sel yang baru.
  6. Melakukan kontrol terhadap pertukaran zat yang terjadi antara sel dan lingkungan internal.



Sel pada mahluk hidup dengan banyak sel (organisme multiseluler) tidak bisa bertahan jika berdiri sendiri. Sel yang sama kemudian menjadi sebuah jaringan, lalu membangun sebuah organ dan kemudian membangun sebuah sistem organ yang membentuk tubuh dari organisme tersebut.

Berapakah Jumlah Sel..?

Dalam 1 orang Manusia Terdapat Sekitar 60 Miliar Sel yang terus menerus bekerja setiap harinya..sel tidak dapat dilihat mata biasa tanpa menggunakan alat karena pada umumnya diameternya kurang beberapa per seratus milimiter. Bentuknya masing-masing berbeda tetapi memiliki struktur yang sama yaitu membran Luar, Inti Sel, serta beberapa elemen lain.


Kualitas SEL Ternyata Menentukan Kesehatan dan Membuat Awet Muda..


Gangguan Kesehatan seringkali dialami oleh manusia dalam kehidupannya sehari-hari, banyak faktor yang menjadi penyebabnya diantaranya karena virus/bakteri dan rusaknya fungsi tubuh diakibatkan rusaknya sebagian sel dalam organ tersebut.

Sel juga menentukan apakah seseorang terlihat lebih tua atau lebih muda dari usia sebenarnya, sel kulit yang sehat akan menghindarkan seseorang dari banyaknya keriput yang terlihat, sel tubuh yang sehat juga memungkinkan seseorang dapat bergerak penuh tenaga pada kegiatan sehari-harinya..Begitupun sebaliknya.


Menjaga sel tetap sehat adalah cara hidup sehat dan awet muda. Setiap hari dalam tubuh Anda 432 miliar sel mati dan diganti dengan sel-sel baru. Ini adalah kunci untuk regenerasi tubuh dan awet muda. Karena ini, Anda bisa memiliki tubuh berfungsi lebih baik tahun depan jika lebih banyak energi, jika Anda mengambil langkah-langkah yang tepat. Kualitas sel baru tergantung pada bahan baku, makanan yang tersedia ketika sel-sel pengganti sedang terbentuk. 

dengan memberi makan tubuh makanan yang tepat dan gizi, sel-sel baru yang terbentuk benar-benar dapat menjadi lebih kuat dan sehat maka sel-sel lama yang pernah ada. Ini disebut regenerasi. Jika Anda makan tubuh buruk, hasilnya akan sel-sel dari kualitas rendah. Ini adalah degenerasi.

Jadi Rahasia Hidup Sehat dan Awet Muda adalah dengan Menjaga Kualitas Sel pada tubuhnya sehingga mampu mendukung segala keperluan tubuhnya baik itu beraktifitas ataupun beregenerasi. 

Semua peran fungsi dan jumlah sel ini tidak dapat dikendalikan oleh akal dan ilmu Manusia..Kinerja yg multi sempurna  ini Diatur oleh yang Tuhan yang maha Cerdas dan Kuasa..!

Setelah Membaca dan merenungkan uraian diatas..apakah anda masih meragukan kekuasaan dan kemurahan Tuhan..?

Ini hanya dalam 1 Manusia Bayangkan Miliaran Manusia Lainnya yang tentu juga berbeda pengaturannya,, bayangkan pula Miliaran Makhluk Lainnya yang dicipta dan dikendalikan Oleh Tuhan..

Sebenarnya Bukan Tuhan yang salah..Tapi Ilmu kita lah yang terbatas memahami segala kejadian di alam semesta ini..

Wasalam..
x

0 Response to "Inilah Rahasia dan Keajaiban Sel Yang Belum di Ketahui..!!!"

Post a Comment