Hati-Hati Penyebar Berita Bohong 17 Situs tentang Jadwal Penerimaan CPNS, Dilaporkan Kemenpan-RB ke Bareskrim Mabes Polri






Saya, anda bahkan banyak diantara kita mengalami hal ini.

Seringkali kita menerima berita yang disampaikan oleh beberapa situs berisi kebohongan atau format judul yang tidak sesuai dengan isi dan fakta yang sebenarnya.

Bagi anda pembaca berita digital diharapkan berhati-hati dengan banyaknya berita yang seperti ini.

Khususnya anda pembuat berita tersebut, berusahalah dengan jalan yang baik, jangan sampai membohongi dan merugikan orang lain, dengan tujuan mendapatkan keuntungan pribadi atau popularitas.

Berikut Cuplikan Beritanya

JAKARTA – Sebanyak 17 situs yang memuat informasi bohong mengenai pengumuman peneriman Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dilaporkan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemenpan-RB) ke Bareskrim Mabes Polri.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan, Herman Suryatman mengatakan, 17 situs bodong ini telah mulai beroperasi sejak 2015. Ia mengimbau masyarakat untuk mengakses situs resmi Kemenpan-RB guna mendapatkan informasi mengenai CPNS.

"Setelah kami dalami, web ini mengunggah informasi bohong dan menyesatkan sejak 2015. Ada 17 web, tentu kami preventif jangan sampai ada kejadian berikutnya dan masyarakat yang dirugikan,” kata Suryatman.

Modus penipuan yang dilakukan 17 situs ini antara lain dengan menyampaikan tambahan kuota CPNS. Bahkan, ada masyarakat umum dan tenaga honorer membayarkan sejumlah uang yang nilainya tidak sedikit.

"Sindikat menyampaikan ada tambahan kuota penambahan CPNS dan kemudian ada masyarakat umum dan tenaga honorer yang dimintai sejumlah uang, ada Rp50 juta, Rp100 juta, sampai Rp150 juta. 

Di Jabar terakhir korbannya 1.003 orang dan sudah ditangani Polda Jabar. Kami fokus laporkan 17 website yang unggah informasi bohong dan menyesatkan. Kolerasi dengan penipuan nantinya tugas penegak hukum," katanya.
Selain itu, Kemenpan-RB membuat surat kepada pejabat penerimaan kepegawaian, mulai dari gubernur, bupati, dan wali kota agar menyebarluaskan informasi ini sehingga masyarakat tidak terkecoh akan informasi yang menyesatkan terkait penerimaan CPNS 2016.(Okezone)

x

0 Response to "Hati-Hati Penyebar Berita Bohong 17 Situs tentang Jadwal Penerimaan CPNS, Dilaporkan Kemenpan-RB ke Bareskrim Mabes Polri"

Post a Comment