Inilah Contoh Program Kerja Osis dan Struktur Pengurusnya




Selamat Siang Sahabat Pembaca Semua..


Kali ini saya akan berbagi informasi dan membahas tentang Program Kerja Osis dan Struktur Pengurusnya.

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
PROGRAM KERJA DAN PEMBINAAN  OSIS

1. Pengertian

Satu-satunya wadah organisasi siswa di sekolah untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan kesiswaan adalah Organisasi Intra Sekolah disingkat OSIS. OSIS bersifat intra sekolah, artinya tidak ada hubungan organisasi dengan OSIS di sekolah lain, dan tidak menjadi Bagian dari organisasi lain yang ada di luar sekolah.

Karena OSIS merupakan wadah organisasi siswa di sekolah. Oleh karena itu setiap siswa secara otomatis menjadi anggota OSIS. Keanggotaan itu secara otomatis berakhir dengan keluarnya siswa dari sekolah yang bersangkutan.


Pengurus OSIS
Pelantikan Pengurus OSIS
Tahun 20…/20…
2. Tujuan
Organisasi ini bertujuan mempersiapkan siswa sebagai kader penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani pembangunan nasional, untuk :
1.   Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yg meliputi bakat, minat, dan kreativitas;
2.   Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dariusaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan;
3.   Mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat;
4.   Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civil society).
(Permendiknas No 39 Tahun 2008, Bab I pasal 1)

3. Materi Pembinaan
Materi pembinaan kesiswaan (OSIS) mencakup :
  1. Pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa
  2. Pembinaan Budi Luhur atau Akhlak Mulia
  3. Pembinaan Kepribadian Unggul, wawasan kebangsaan, dan bela Negara
  4. Pembinaan Prestasi akademik, seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat
  5. Pembinaan Demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup,kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural.
  6. Pembinaan kreativitas keterampilan dan  Pembinaan kualitas  jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi. Pembinaan sastra dan budaya.
  7. Pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pembinaan komunikasi
4. Perangkat OSIS
Perangkat OSIS terdiri dari :
1)      Pembina OSIS
2)      Perwakilan kelas
3)      Pengurus OSIS
4)      Anggota OSIS

5.     Rincian dan Tugas Perangkat OSIS

a.    Pembina OSIS
Pembina OSIS secara umum bertanggung jawab atas seluruh pengelolaan, pembinaan dan pengembangan OSIS di sekolah.
Rincian tugas pembinaan OSIS adalah :
  • Bertanggung jawab atas seluruh pembinaan dan pengembangan OSIS di sekolah memberikan nasihat kepada perwakilan kelas dan pengurus.
  • Mengesahkan keanggotaan perwakilan kelas dengan surat keputusan kepala sekolah.
  • Mengesahkan dan melantik pengurus OSIS denga surat keputusan kepala sekolah.
  • Mengarahkan penyusunan anggaran rumah tangga dan program kerja OSIS.
  • Menghadiri rapat-rapat OSIS
  • Mengadakan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas OSIS

b.    Perwakilan Kelas

Perwakilan kelas terdiri atas wakil-wakil kelas. Setiap kelas diwakili oleh 2 (dua) orang siswa.
Perwakilan kelas bertugas memilih pengurus OSIS, mengajukan usul-usul untuk dijadikan program kerja OSIS dan menilai laporan pertanggungjawaban pengurus OSIS pada akhir masa jabatannya.
Perwakilan kelas bertanggung jawab langsung kepada Pembina OSIS
Masa jabatan perwakilan kelas selama 1 tahun ajaran.
Menyusun Anggaran Rumah Tangga.
Rincian tugas perwakilan kelas adalah :
  • Mewakili kelasnya dalam rapat perwakilan kelas
  • Mengajukan usul kegiatan untuk dijadikan program kerja osis
  • Mengajukan calon pengurus osis berdasarkan hasil-hasil rapat kelas.
  • Memilih pengurus OSIS dan daftar calon yang telah disiapkan.
  • Menilai laporan pertanggungjawaban dan segala tugas pengurus Osis pada akhir masa jabatannya.
  • Menyusun Anggaran Rumah Tangga.
c.    Pengurus OSIS

Pengurus OSIS terdiri atas :
  1. Seorang ketua dan seorang orang wakil ketua
  2. Seorang sekretaris
  3. Seorang bendahara
  4. Empat orang ketua seksi yaitu :
a)     Seksi ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa ( Keagamaan)
b)     Seksi  kegiatan Ekstrakurikuler, seni, dan olahraga (Kegiatan)
c)      Seksi kreativitas dan keterampilan (Mading)
d)      Seksi kesehatan sekolah (UKS)

d.    Pembinaan Seksi :

Seksi I : Binaan kegiatan Ekstrakurikuler : Study Religy Club
Pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME, antara lain:
a)    Melaksanakan kegiatan peribadatan sehari-hari
b)    Memperingati hari-hari besar keagamaan;
c)    Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama;
d)    Membina toleransi kehidupan antar siswa
e)    Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan;
f)     Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah
g)    Menumbuhkembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah
h)   Melaksanakan kegiatan 7K (keamanan, kebersihan, ketertiban,   keindahan, kekeluargaan, kedamaian, dan kerindangan)

Seksi II : Binaan kegiatan Ekstrakurikuler : PMR, Pramuka
Pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia
a)  Melaksanakan upacara bendera pd hari senin dan/atau sabtu, serta hari2 besar nasional
b)  Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars & Hymne)
c)  Melaksanakan kegiatan kepramukaan dan PMR
d)  Mengunjungi dan mempelajari tempat2 bernilai sejarah
e)  Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan
Seksi III : Binaan kegiatan Ekstrakurikuler : Club Olahraga, Unit kegiatan seni,unit kegiatan wisata
Pembinaan Kepribadian Unggul, Wawasan Kebangsaan, dan Bela Negara
a)    Mengadakan lomba mata pelajaran/program keahlian
b)    Menyelenggarakan kegiatan ilmiah
c)    Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa iptek
d)    Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar
e)    Membentuk klub sains, seni, dan olahraga
f)     Menyelenggarakan festival dan lomba seni
g)     Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga
Seksi IV : Binaan kegiatan ekstrakurikuler :
Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, kepekaan dan toleransi sosial, antara lain:
  1. Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing;
  2. Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional;
  3. Melaksanakan Pelatihan kepramukaan dan PMR
  4. Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat dan pidato;
  5. Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan;
  6. Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah.
Seksi  V :  Binaan kegiatan  Ekstrakurikuler :  TIK Club, English Club
Pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan Komunikasi dalam Bahasa Inggris, antara lain:
  1. Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran;
  2. Menjadikan TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi;
  3. Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas kebangsaan.
Pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris, antara lain:
  1. Melaksanakan lomba debat dan pidato;
  2. Melaksanakan lomba menulis dan korespondensi;
  3. Melaksanakan lomba pidato bahasa inggris;
  4. Melaksanakan kegiatan berceritera dalam bahasa Inggris (Story Telling);
  5. Melaksanakan lomba puzzies words/scrabble.
e.    Syarat Pengurus OSIS
  1. Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  2. Memiliki budi pekerti luhur dan sopan santun terhadap orang tua, guru, dan teman
  3. Memiliki bakat sebagai pemimpin siswa
  4. Memiliki  kemauan, kemampuan, dan pengetahuan yang memadai
  5. Dapat mengatur waktu dengan sebaik-baiknya,sehingga pelajarannnya tidak terganggu karena menjadi pengurus OSIS
  6. Pengurus dicalonkan oleh perwakilan kelas
  7. Khusus untuk ketua OSIS , ditambah persyaratan :
  8. mempunyai kemampuan berpikir yang jernih
  9. memiliki wawasan mengenai kondisi yang sedang dihadapi bangsanya.
  10. tidak duduk di kelas terakhir, karena akan menghadapi ujian Nasional.
f.     Rincian Tugas Pengurus OSIS

a.  Bertugas menyusun dan melaksanakan program kerja OSIS sesuai dengan AD ART
b.  Menyampaikan laporan pertangungjawaban kepada rapat perwakilan kelas pada akhir masa jabatannya.
c.  Bertanggung jawab langsung kepada perwakilan kelas dan pembina OSIS.
d.  Mempunyai masa kerja selama satu tahun pelajaran.

g.    Anggota OSIS

a.  Anggota OSIS secara otomatis adalah siswa yang masih aktif belajar pada sekolah yang bersangkutan
b.  Anggota OSIS tidak memerlukan kartu anggota
c.  Keanggotan berakhir apabila siswa yang bersangklutan tidak menjadi siswa lagi di sekolah tersebut, ata meninggal dunia
d.  Setiap anggota mempunyai hak :
Mendapat perlakuan yang sama sesuai bakat, minat dan kemampuannya
Memilih dan dipilih sebagai perwakilan kelas atau pengurus.
Bicara secara lisan maupun tertulis.

6.  Keuangan

Keuangan OSIS diperloleh dari dana yang disediakan oleh sekolah.

7.  Forum Organisasi

  1. Rapat-rapat
    1. Rapat Pleno perwakilan kelas adalah rapat yang dihadiri seluruh anggota perwakilan kelas. Rapat ini diadakan untuk :
a)    Persiapan tatacara pemilihan ketua, seorang wakil ketua dan seorang sekretaris
b)    Pencalonan pengurus OSIS
c)    Pemilihan pengurus OSIS
d)    Penilaian laporan peranggungjawaban pemgurus OSIS pada akhir masa jabatan.
Acara , waktu dan tempat rapat dikonsultasikan dengan pembina OSIS
  1. Rapat pengurus
a)     Rapat pleno pengurus adalah rapat yang dihadiri seluruh anggota pleno pengurus OSIS
b)     Rapat pengurus harian adalah rapat pengurus yang dihadiri oleh ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara dan wakil ketua, sekretaris, bendahara dan wakil bendahara untyk membicarakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan pekerjaan sehari-hari.
c)      Rapat koordinasi adalah rapat yang dihadiri oleh sah serang wakil ketua I, sekretaris, wakil sekretaris I, bendahara dan seksi I sampai dengan seksi VIII.

8.  Sasaran/Target Pembinaan.

1. Meningkatkan peran serta siswa dalam membina sekolah sebagai wawasan wiyata mandala sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh yang bertentangan dengan kebudayaan nasional
2. Menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatf yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang Program Kerja Osis dan Struktur Pengurusnya.


Semoga Bermanfaat.. 
  


x

0 Response to "Inilah Contoh Program Kerja Osis dan Struktur Pengurusnya"

Post a Comment