Metode
ini akan sangat menyenangkan apabila anda kuasai dan terapkan dengan baik.
Suasana
kelas akan sangat meriah.dan siswa anda akan sangat bersemangat, hampir tidak aka
nada kejenuhan apalagi mengantuk.
Karena
semua siswa berperan sanangat aktif,
bahkan akan memberikan kesan bagi mereka bahwa apabila anda mengajar pelajaran
apapun akan sangat menarik dan seru bagi mereka.
Metode
ini sangat bagus di gunakan pada pembelajaran di jenjang SMP dan SMA, walau tidak
menutup kemungkinan pada jenjang SD di
kelas atas(4.5.6), atau bahkan sesekali juga dapat diaplikasikan pada
Mahasiswa.
Pembelajaran
kooperatif model TGT adalah salah satu tipe atau model pembelajaran kooperatif
yang mudah diterapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada
perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung
unsur permainan dan reinforcement.
Aktivitas belajar dengan permainan yang dirancang dalam pembelajaran kooperatif model TGT memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disamping menumbuhkan tanggung jawab, kerjasama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar.
Ada5
komponen utama dalam komponen utama dalam TGT yaitu:
1. Penyajian Kelas
Pada
awal pembelajaran guru menyampaikan materi dalam penyajian kelas, biasanya
dilakukan dengan pengajaran langsung atau dengan ceramah, diskusi yang dipimpin
guru.
Pada
saat penyajian kelas ini siswa harus benar-benar memperhatikan dan memahami
materi yang disampaikan guru, karena akan membantu siswa bekerja lebih baik
pada saat kerja kelompok dan pada saat game karena skor game akan menentukan
skor kelompok.
2. Kelompok (team)
Kelompok
biasanya terdiri dari 4 sampai 5 orang siswa yang anggotanya heterogen dilihat
dari prestasi akademik, jenis kelamin dan ras atau etnik.
Fungsi
kelompok adalah untuk lebih mendalami materi bersama teman kelompoknya dan
lebih khusus untuk mempersiapkan anggota kelompok agar bekerja dengan baik dan
optimal pada saat game.
3. Game
Game
terdiri dari pertanyaan-pertanyaan yang dirancang untuk menguji pengetahuan
yang didapat siswa dari penyajian kelas dan belajar kelompok.
Kebanyakan
game terdiri dari pertanyaan-pertanyaan sederhana bernomor.
Siswa
memilih kartu bernomor dan mencoba menjawab pertanyaan yang sesuai dengan nomor
itu.
Siswa
yang menjawab benar pertanyaan itu akan mendapat skor. Skor ini yang nantinya
dikumpulkan siswa untuk turnamen mingguan.
4. Turnamen
Biasanya
turnamen dilakukan pada akhir minggu atau pada setiap unit setelah guru
melakukan presentasi kelas dan kelompok sudah mengerjakan lembar kerja.
Turnamen
pertama guru membagi siswa ke dalam beberapa meja turnamen. Tiga siswa
tertinggi prestasinya dikelompokkan pada meja I, tiga siswa selanjutnya pada
meja II dan seterusnya.
5. Team Recognize (penghargaan
kelompok)
Guru
kemudian mengumumkan kelompok yang menang,
Masing-masing
team akan mendapat sertifikat atau hadiah apabila rata-rata skor memenuhi kriteria
yang ditentukan.
Team
mendapat julukan “Super Team” jika rata-rata skor 45 atau lebih, “Great Team”
apabila rata-rata mencapai 40-45 dan “Good Team” apabila rata-ratanya 30-40
Demikianlah
pembahasan tentang metode pembelajaran yang paling seru untuk diaplikasikan
pada kelas anda.…
Semoga
Bermanfaat..!!!
0 Response to "Metode Pembelajaran Paling Seru…!!! Team Games Tournament (TGT)"
Post a Comment